Selasa, 07 April 2015

Mengenal Elemen Elemen yang ada dalam Sistem Komputer atau PC

Elemen yang ada dalam sistem komputer.
Elemen - elemen yang terkandung dalam operasional komputer masing-masingnya memiliki peranan yang sama pentingnya. Seperti yang kita ketahui elemen penting dalam komputer pada dasarnya ada 3, yaitu : Hardware, Software, dan Brainware. mari kita jabarkan satu per satu.
1. HARDWARE
Hardware atau perangkat keras adalah perangkat fisik / yang terlihat secara jelas.
hardware perangkat keras

Mengenal Perangkat Keras
Hardware sendiri pada dasarnya terdiri atas :
  • Perangkat I/O (Input/Output) : yaitu perangkat yang berfungsi sebagai pemberi instruksi masukan (input) dan penghasil keluaran (Output), cth : Mouse & Keyboard (Input) , Speaker & Printer (Output)
  • Perangkat Storage (Penyimpanan) : yaitu perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan, cth : Harddisk, Floppy Disk, Flash Disk, CD.
  • Centar Processing Unit (CPU) : atau yang lebih dikenal dengan processor merupakan otak dari sebuah komputer.
  • Casing : yaitu perangkat yang digunakan sebagai wadah untuk menampung semua perangkat keras pada komputer.
2. SOFTWARE
Software / Perangkat Lunak adalah sekumpulan program atau aplikasi yang ada di dalam komputer untuk menjalankan instruksi dari penggunanya.
software perangkat lunak

Mengenal Software / Perangkat Lunak
Software / Perangkat Lunak sendiri terdiri atas :
  • Sistem Operasi (OS) : merupakan software utama yang berfungsi mengaktifkan semua perangkat keras yang terhubung ke komputer. cth : Microsoft Windows, Linux, DOS, Unix.
  • Program Paket : merupakan perangkat lunak yang dirancang sedemikian rupa dan dapat digunakan sesuai kepentingan. cth : Microsoft Office.
  • Program Utility : merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai utility yang mampu memperbaiki kekurangan pada sistem operasi yang sedang berjalan. cth : PC Tools, Tune UP Utilities.
  • Program Aplikasi : merupakan perangkat lunak yang dirancang secara khusus untuk memecahkan suatu masalah tertentu yang lebih detail. cth : Program Minimarket, Program Penggajian, Program Absensi,dll.
  • Bahasa Pemrograman : merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk merancang aplikasi komputer. cth :PHP, ASP, Visual Basic, Bahasa C, C++, dll
3. BRAINWARE
Brainware merupakan Sumber Daya Manusia / Personil yang terlibat dalam penggunaan Software dan Hardware dalam komputer.
brainware user

Personil Personil Brainware

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Memberikan Komentar

Designed By Published.. Blogger Templates