Minggu, 26 April 2015

Web Programming : Aplikasi Apakah Yang Harus Disiapkan Untuk Mulai Belajar Pemrograman Web ?

Mungkin artikel ini sedikit basi, mengingat sebelumnya saya langsung masuk ke artikel tentang HTML dan PHP. Untuk itu saya menulis kembali artikel tentang aplikasi apa sih yang dibutuhkan untuk memulai belajar web programming?. 

Yap, mari kita bahas satu-satu aplikasi apa saja yang diperlukan untuk belajar web programming menurut saya sih. Karena setiap programmer memiliki aplikasi favoritnya sendiri.

1. XAMPP
XAMPP adalah salah satu aplikasi paketan web server APACHE dan MySQL yang perlu dipersiapkan untuk mulai belajar web programming. XAMPP juga merupakan salah satu yang terpopuler digunakan oleh web programmer. Dan satu hal yang harus kita ketahui, bahwa XAMPP itu bukanlah nama web server, namun di dalam XAMPP itu terdapat web server yang bernama APACHE dan juga database yang bernama MySQL. XAMPP bersifat gratis dan bebas untuk didownload, ini link nya : https://www.apachefriends.org/download.html.

2. Browser Mozilla Firefox atau Google Chrome
Semua sobat blogger pastinya tau dan memiliki salah satu browser tersebut bukan? yap, browser ini nantinya akan digunakan untuk menampilkan hasil program / aplikasi yang telah kita rancang / buat.
Bagi yang belum punya, ini link nya https://www.mozilla.org/en-US/firefox/all/ (Mozilla Firefox) dan http://www.google.com/chrome/ (Google Chrome)

3. Notepad ++
Notepad ++ ini nantinya digunakan sebagai editor koding program PHP yang akan digunakan. Lalu apa yang membedakan notepad++ dan notepad?, yap jawabannya sederhana, yaitu di notepad++ setiap baris ada angkanya dan pewarnaan kodingnya pun lebih ramah mata.
Untuk mendownloadnya : http://notepad-plus-plus.org/download/v6.7.7.html

Nah, itulah beberapa aplikasi yang dapat digunakan dan harus disiapkan untuk mulai belajar web programming / pemrograman web.

Selamat mencoba...

1 komentar:

Terima Kasih Telah Memberikan Komentar

Designed By Published.. Blogger Templates