Jumat, 10 April 2015

Mengenali Pemrograman dan Database



pemrograman dan database
Dunia IT berkembang dengan sangat pesat sehingga memunculkan spesialisasi - spesialisasi baru di dalamnya, sebut saja pekerjaan Desktop Programmer, Web Programmer, Technical Support, Database Administrator, dan masih banyak lainnya. Untuk mengupas satu per satu tentang spesialisasi tersebut pastinya membutuhkan artikel yang panjang. Untuk itu penulis hanya coba menjabarkan tentang programming dan database.

Dunia programming dimana pelakunya disebut sebagai programmer tidak lepas dari yang namanya koding dan sintak. Dalam lapangannya, seorang programmer dituntut memiliki kemampuan untuk membuat ataupun suatu aplikasi yang mampu mengatasi permasalahan suatu perusahaan.

Programmer sendiri diharapkan menguasai paling tidak salah satu bahasa pemrograman. Dan mereka dihadapkan juga pada pilihan apakah menguasai bahasa pemrograman desktop ataupun bahasa pemrograman web.
Bahasa pemrograman desktop seperti Visual Basic, VB.NET, Ms Visual FoxPro, dll.
Aplikasi desktop ini bersifat local standing, dan tidak bisa diakses dari mana saja seperti halnya aplikasi web / website. Sedangkan bahasa pemrograman web seperti PHP, ASP, JSP memungkin seorang programmer untuk membuat aplikasi berbasis web yang dapat diakses dimanapun.

Semua aplikasi yang dirancang menggunakan bahasa pemrograman di atas digunakan untuk mengolah data, dimana data yang diolah tersebut nantinya disimpan ke dalam database. Database inilah yang sangat berperan penting dalam proses penyediaan report data yang dibutuhkan perusahaan. Beberapa aplikasi yang dapat mengelola database disebut dengan Relationship Database Management System (RDBMS) seperti MySQL, Oracle, Ms Access, PostgreSQL.

Dan seorang Database Administrator diharapkan mampu menguasai setiap pemrosesan query - query database tersebut. Mereka juga bertanggung jawab akan keamanan data, ekspor impor data, dan kustomisasi database lainnya.

Jadi, bagi kita yang ingin menjadi Programmer diharapkan mempu menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman dan satu RDBMS. dengan kemampuan tersebut maka mereka sudah memiliki kemampuan untuk merancang sebuah aplikasi database.

Sekarang tergantung dari kitanya, ingin menjadi apa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Memberikan Komentar

Designed By Published.. Blogger Templates